Text
Hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa S1 Program Studi Kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang aktif berorganisasi
ABSTRAK
UNICA PUSPITA DEWI. 8105151391. Hubungan antara Regulasi Diri Dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa S1 Program Studi Kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang Aktif Berorganisasi. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Regulasi Diri Dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa S1 Program Studi Kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang Aktif Berorganisasi. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung dari bulan April 2019 sampai dengan Juni 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa S1 Program Studi Kependidikan yang aktif organisasi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta sebanyak 298 mahasiswa. Populasi terjangkaunya yaitu mahasiswa S1 Program Studi Kependidikan 2016 yang Aktif Organisasi sebanyak 111 mahasiswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 84 mahasiswa dengan teknik acak proporsional. Data variabel Y (Prokrastinasi Akademik), X1 (Regulasi Diri Dalam Belajar), dan X2 (Efikasi Diri) merupakan data primer dengan menggunakan kuesioner model skala Likert. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25.0. Uji Asumsi Klasik bernilai sebesar 0,200 untuk variabel Y (Prokrastinasi Akademik), X1 (Regulasi Diri Dalam Belajar) dan X2 (Efikasi Diri). Hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan F hitung (30,662) > F tabel (3,11), hal ini berarti secara serentak X1 dan X2 berhubungan dengan Y. Uji t menghasilkan -t hitung X1 (-2,153) < -t tabel (-1,663), dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara Regulasi Diri Dalam Belajar dengan Prokrastinasi Akademik. Kemudian, -t hitung X2 (-3,680) < -t tabel (-1,663), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan memiliki persamaan regresi berganda Ŷ = 152,013 - 0,293X1 – 0,496X2. Uji koefisien korelasi (R) yaitu sebesar 0,676 termasuk ke dalam kategori hubungan yang kuat. Uji koefisien determinasi (R²) sebesar 55,7%, yaitu masing-masing variabel X1 dan X2 menyumbang pengaruh sebesar 55,7% kepada Y dan sisanya 44,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Regulasi Diri Dalam Belajar, Efikasi Diri
SS00020384 | SK 20384 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain