Text
Pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Bina Dharma Jakarta
ABSTRAK
NENDEN SITI FAUZIAH, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas XI di SMK Bina Dharma Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Dharma Jakarta, selama 6 bulan terhitung sejak Februari sampai dengan Juni 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Bina Dharma Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survey, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMK Bina Dharma Jakarta tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Simple Random sampling sebanyak 123 orang. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dengan hasil pengujian dapat diketahui nilai Asymp. Sig nilai residual dari keseluruhan variabel adalah 0,200. maka dapat disimpulkan bahwa nilai tersebut lebih besar dari 0,05 sehingga keseluruhan data dianggap normal. Persamaan regresi yang dihasilkan antara X1 dengan Y adalah Ŷ = 63,074 + 0,382X1. Selanjutnya dilakukan uji koefisien regresi parsial (uji t) dan didapatkan hasil thitung 7,085> ttabel 1,65765 untuk pola asuh orang tua (X1) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan prestasi belajar (Y). Sedangkan persamaan regresi yang dihasilkan antara X2 dengan Y adalah Ŷ = 68,400+ 0,277X2 . Selanjutnya dilakukan uji koefisien regresi parsial (uji t) dan didapatkan hasil thitung 6,673> ttabel 1.65765 untuk motivasi belajar (X2) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara dan prestasi belajar (Y). Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,293 untuk pola asuh terhadap prestasi belajar, dan 0,269 untuk motivasi terhadap prestasi belajar. Maka dapat disimpulkan prestasi belajar ditentukan oleh pola asuh orang tua sebesar 29,3% dan motivasi belajar sebesar 26,9%, dan sisanya ditentukan oleh variabel lain.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar
SS00021121 | SK 21121 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain