Text
Evaluasi implementasi penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 98 Jakarta Timur
ABSTRAK
RATIH CHOIRUNNISA. Evaluasi Implementasi Penguatan Pendidikan
Karakter Pada Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 98 Jakarta.
Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan
Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Ekonomi
di SMA Negeri 98 Jakarta. Penelitian ini tergolong penelitian evaluatif
dengan menggunakan model CIPP yang terdiri dari empat objek evaluasi,
yaitu : Evaluasi Konteks (Context), Evaluasi Masukan (Input), Evaluasi
Proses (Process), dan Evaluasi Produk (Product). Subjek penelitian ini terdiri
dari: wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran ekonomi
dan siswa SMA Negeri 98 Jakarta. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan kuesioner, wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk menganalisis
persentase tingkat efektivitas tiap-tiap komponen dalam model CIPP dan
deskriptif kualitatif untuk menganalisis kendala-kendala yang menyebabkan
hasil evaluasi tidak sesuai dengan standar keberhasilannya. Hasil evaluasi
Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Ekonomi
di SMA Negeri 98 Jakarta menunjukkan bahwa rata-rata tingkat efektivitas
pelaksanaan program pada Komponen Konteks (Context) sebesar 98,93%,
Komponen Masukan (Input) sebesar 80,25% , Komponen Proses (Process)
sebesar 83,7%, dan Komponen Produk (Product) sebesar 80,9%. Hampir
secara keseluhan aspek-aspek yang terdapat dalam komponen evaluasi model
CIPP pada kategori baik serta sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 tentang
Permendikbud No. 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur
Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah dan Nomor 20 Tahun
2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan
Formal.
Kata Kunci: Evaluasi, Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter,
Pembelajaran Ekonomi
SS00020410 | SK 20410 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain