Text
Pengaruh kepercayaan dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online tokopedia pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
FEBRI RESTIANA, Pengaruh Kepercayaaan dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Falkutas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 6 bulan terhitung sejak sJanuari sampai dengan Juni 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaaan dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Falkutas Ekonomi Univerisitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 110 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah adalah Ŷ= 15,731+ 0,480 X1 + 0,329 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smimov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 16,444> 3,08 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung 3.780 > ttabel = 1,65895 Y atas X2 thitung = 3,650 dan ttabel = 1,28944 Nilai koefisien korelasi antara variabel kepercayaan (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,422 dan nilai koefisien korelasi antara variabel keamanan (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,350. Jadi, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan dengan keptusan pembelian serta hubungan positif dan signifikan antara keamanan dengan keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan dan keamanan dengan keputusan pembelian.Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,470 yang menunjukkan bahwa 47,0 % variabel keputusan pembelian ditentukan oleh kepercayaan dan keamanan. Sementara itu, sisanya 53% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: Keputusan Pembelian, Kepercayaan, Keamanan
SS00021128 | SK 21128 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain