Text
Pengaruh penerapan metode improve berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 232 Jakarta
ABSTRAK
HADI KUSUMA, Pengaruh Penerapan Metode IMPROVE Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 232 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 232 Jakarta masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan karena proses pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru (teacher centered), kegiatan pembelajaran di kelas yang menekankan untuk selalu menghafal rumus/konsep, tidak digunakannya media pembelajaran interaktif di kelas, dan kurangnya pembiasaan yang dilakukan oleh guru dalam memberikan soal pemecahan masalah kepada siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode IMPROVE dan menggunakan media Geogebra dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan metode IMPROVE berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 232 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment (eksperimen semu). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan two stage sampling yang diawali dengan teknik purposive sampling dan dilanjutkan dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen yang menerapkan metode IMPROVE berbantuan Geogebra dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran ekspositori. Berdasarkan uji prasyarat analisis data setelah perlakuan dengan uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh hasil bahwa kedua kelas tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau homogen. Selanjutnya pengujian dilanjutkan pada uji hipotesis statistik dengan menggunakan uji t dan diperoleh hasil dan . Nilai pada taraf signifikansi = 0,05 maka tolak H0, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode IMPROVE berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 232 Jakarta. Besarnya pengaruh yang signifikan dari penerapan metode IMPROVE berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 232 Jakarta berdasarkan tabel Cohen’s effect size adalah sebesar 82% yang termasuk dalam kategori besar.
Kata Kunci: Metode IMPROVE, Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
SS00020450 | SK 20450 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain