Text
Pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa melalui integrasi Socio-Scientific Issue (SSI) dalam pembelajaran elektrolit dan non elektrolit
ABSTRAK
Siti Aisah. 2019. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Melalui Integrasi Socio-Scientific Issue (SSI) dalam Pembelajaran
Elektrolit Dan Non Elektrolit. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas
Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa
menggunakan pendekatan socio-scientific issue (SSI) pada materi
elektrolit dan non elektrolit. Penelitian dilaksanakan di SMAN 11 Jakarta
pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian
kelas X MIPA 3. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan LKPD
dan tes, wawancara siswa, dan observasi berdasarkan indikator berpikir
kritis SCIT 1020, yakni: identifikasi masalah, pemahaman konseptual,
hubungan antar konsep, asumsi, dan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran
yang dilakukan ialah mengidentifikasi, mengkaji, dan mengkritisi isu sosial
mengenai materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan
pendekatan SSI. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui
bahwa keterampilan berpikir kritis siswa sudah muncul dan berkembang
dengan menggunakan pendekatan SSI. Hasil analisis menunjukkan
bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa mendapatkan 16,5%
dengan kriteria sangat baik, 30,18% kriteria baik, 37,57% kriteria cukup
baik, 15,37% kriteria kurang baik, dan 0,37% kriteria buruk. Hasil
penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan SSI di dalam kelas
memotivasi siswa untuk beragumen. Hal tersebut dapat dilihat melalui
keterlibatan siswa ketika kegiatan pembelajaran sedang berlangsung,
hasil wawancara, maupun reflektif jurnal yang telah mereka tuliskan
Kata kunci: Elektrolit dan non elektrolit, keterampilan berpikir kritis, Socio-
Scientific Issue (SSI)
SS00020431 | SK 20431 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain