Text
Pengembangan modul matematika materi peluang dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VIII SMP
ABSTRAK
NUR LAILA SYAHRURAHMAH. Pengembangan Modul Matematika Materi Peluang Dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari, karena dapat meningkatkan daya pikir manusia, sehingga diperlukan sebuah pembelajaran yang dapat mengembangkan pemahaman konsep dan kreatifitas matematika pada siswa.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa modul matematika untuk siswa kelas VIII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan adalah materi peluang dengan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual adalah pendekatan dalam proses belajar mengajarnya dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Terdapat tujuh asas pendekatan kontekstual yaitu konstruktivisme, inkuiri, pemodelan, bertanya, masyarakat belajar, refleksi, dan penilaian autentik.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development yang mengacu pada Borg dan Gall. Penelitian ini melalui lima langkah utama yaitu: a)melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, dengan menyebarkan angket analisis kebutuhan kepada siswa dan melakukan wawancara kepada guru; b) mengembangkan produk awal modul berupa draft I; c) validasi ahli materi dan bahasa dan validasi ahli media serta revisi produk, d) ujicoba lapangan skala kecil dan revisi produk;e)uji coba lapangan skala besar, kemudian revisi produk dan menjadi produk akhir.
Berdasarkan validasi ahli materi dan bahasa, memperoleh hasil presentase keseluruhan penilaian instrumen sebesar 84,36%, sehingga produk dikategorikan sangat baik. Hasil validasi ahli media memperoleh presentase keseluruhan penilaian instrumen sebesar 83,08%,sehingga produk dikategorikan sangat baik. Hasil validasi yang dilakukan oleh guru memperoleh presentase keseluruhan penilaian instrumen sebesar 97,55%, sehingga produk dikategorikan sangat baik.Hasil validasi pada uji coba lapangan skala kecil memperoleh presentase keseluruhan penilaian instrumen sebesar 85,54%, sehingga produk dikategorikan sangat baik. Hasil validasi pada uji coba lapangan skala besar memperoleh presentase keseluruhan penilaian instrumen sebesar 83,70%, sehingga produk dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil presentase pada penilaian ahli materi dan bahasa, ahli media, uji coba lapangan skala kecil pada siswa dan guru, serta uji coba lapangan skala besar, modul matematika yang dikembangkan layak untuk dijadikan media pembelajaran pada materi peluang untuk siswa SMP kelas VIII.
Kata kunci: Modul, Pendekatan Kontekstual, Peluang, Research and Development
SS00020422 | SK 20422 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain