Text
Penggunaan peta konsep sebagai instrumen penilaian terhadap pemahaman konseptual peserta didik melalui model pembelajaran PDEODE pada materi asam basa
ABSTRAK
ANNISA CHANDRA. Penggunaan Peta Konsep Sebagai Instrumen Penilaian Terhadap Pemahaman Konseptual Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PDEODE Pada Materi Asam Basa. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Mei 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan peta konsep sebagai instrumen penilaian terhadap pemahaman konseptual peserta didik melalui model pembelajaran PDEODE pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang dilakukan di SMAN 39 Jakarta pada semester dua. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMAN 39 Jakarta yang melibatkan 36 peserta didik. Perlakuan yang diberikan berbasis Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE). Data diperoleh dari penilaian peta konsep, pengamatan saat pembelajaran (observasi), dan wawancara. Penilaian peta konsep pada penelitian ini menggunakan rubrik penilaian Novak dan Gowin yang ditambahkan konsep. Peta konsep ini mencakup beberapa konsep asam basa, yaitu konsep asam basa, sifat asam basa, indikator asam basa, teori asam basa, kekuatan asam basa, dan derajat keasaman (pH). Hasil penelitian menunjukkan peta konsep dapat digunakan sebagai instrumen penilaian pemahaman konseptual peserta didik. Model pembelajaran PDEODE berdampak terhadap proses peserta didik dalam memahami konsep asam basa. Pemahaman konseptual peserta didik tergolong dalam kategori sedang dan rendah. Melalui peta konsep dapat diidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik terutama pada teori asam basa.
Kata kunci. Peta Konsep, Pemahaman Konseptual, PDEODE, Asam Basa
SS00020492 | SK 20492 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain