Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis ICT terhadap kemampuan komunikasi peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit
ABSTRAK
LINDA ASTUTI. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis ICT Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbasis ICT terhadap kemampuan komunikasi peserta didik. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pembelajaran dilakukan pada satu kelas eksperimen dan satu kelas control dengan menerapkan model pembelajaran berbasis ICT dan non ICT. Instrumen penelitian menggunakan soal uraian yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji hipotesis independent two samples t-test diperoleh nilai t hitung (2,897) > t tabel (1,667), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbasis ICT terhadap kemampuan komunikasi peserta didik. Analisis lebih lanjut pada tiap indikator kemampuan komunikasi, dapat diketahui bahwa indikator mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi, dan menarik kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pada indikator menuliskan ringkasan dan menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Cooperative Learning Tipe Group Investigation, Pembelajaran Berbasis ICT
SS00020491 | SK 20491 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain