Text
Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII=B di SMP Negeri 232 Jakarta
ABSTRAK
CHRISTINE ELLIANA VERONICA. Upaya Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dengan Menggunakan Model
Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Kelas VIII-B di SMP Negeri 232 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi
endidikan Matematika. Fakulas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep matematis peserta didik kelas VIII-B di SMP Negeri 232 Jakarta pada
materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Project
Based Learning. Indikator kemampuan pemahaman konsep matematis peserta
didik yang digunakan pada peneltian ini yaitu menyatakan ulang konsep yang
telah dipelajari, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidak
persyaratan untuk membentuk konsep tersebut, menerapkan konsep secara
algoritma, menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi
matematika, dan mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap analisis, dan tahap refleksi.
Terdapat enam subjek penelitian dalam penelitian ini. Keenam subjek penelitian
terdiri dari dua orang peserta didik yang berkemampuan akademis tinggi, dua
orang peserta didik yang berkemampuan akademis sedang, dan dua orang peserta
didik yang berkemampuan akademis tinggi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan pemahaman
konsep matematis, dan wawancara. Data tersebut kemudian akan dianalisis secara
deskripsi dengan triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik
kelas VIII-B di SMP Negeri 232 Jakarta pada materi bangun ruang sisi datar
dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Peningkatan
kemampuan pemahaman konsep ini terbukti dari hasil tes kemampuan
pemahaman konsep pada setiap akhir siklus. Rata-rata hasil tes kemampuan
pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII-B di SMP Negeri 232 pada
siklus I sebesar 64,04 pada siklus II sebesar 68,16, dan pada siklus III sebesar
76,84. Selain itu, persentase peserta didik yang memperoleh nilai dengan kategori
baik atau lebih meningkat pada setiap akhir siklusnya. Pada siklus I sebesar
37,5%, siklus II sebesar 62,5%, dan siklus III sebesar 81,25%.
Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran
Project Based Learning
SS00020434 | SK 20434 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain