Text
Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi lingkaran melalui model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada peserta didik kelas VIII.A SMP Negeri 7 Jakarta
ABSTRAK
Maskanur Rezky, Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Pada Materi Lingkaran Melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA)
Pada Peserta Didik Kelas VIII.A SMP Negeri 7 Jakarta Timur. Skripsi, Jakarta:
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Maematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis pada peserta didik kelas VIII.A SMP Negeri 7 Jakarta pada
materi lingkaran melalui model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA).
Berdasarkan hasil observasi, wawancara serta test kemampuan awal pemecahan
masalah matematis di kelas tersebut terlihat bahwa kemampuan pemecahan
masalah matematis yang dimiliki masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam tiga siklus dengan subjek penelitian sebanyak enam orang yang mewakili
peserta didik dengan kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah. Hasil
penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika pada materi lingkaran
dengan model pembelajaran MEA melalui sintaks means, analysis dan ends dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik melalui
proses diskusi dalam menyelesaian masalah yang disajikan dalam lembar kerja.
Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis juga dapat ditunjukan
dengan meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh pada test kemampuan awal
29,2, siklus I diperoleh 67,53, siklus II diperoleh 69,71 dan siklus III diperoleh
72,86. Selain itu, persentase peserta didik yang memperoleh kategori baik pada
interval nilai 60-80 juga meningkat, yakni pada test kemampuan awal sebanyak
3,03%, siklus I sebanyak 69,44%, siklus II sebanyak 77,78% dan siklus III
sebanyak 93,74%.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran
Means Ends Analysis (MEA)
SS00020440 | SK 20440 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain