Text
Upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model pembelajaran treffinger pada materi SPLDV di kelas VIII-1 SMPN 3 Tangerang Selatan
ABSTRAK
CHINDY LISTIA UTAMI. Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran
Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Treffinger pada Materi SPLDV di
Kelas VIII-1 SMPN 3 Tangerang Selatan. Di bawah bimbingan Pinta Deniyanti
Sampoerno, Lukman El Hakim.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model
pembelajaran Treffinger di kelas VIII-1 SMPN 3 Tangerang Selatan. Subjek
dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang terdiri atas 38 siswa dengan
16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan dengan materi pembelajaran Sistem
Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini dilaksanakan dalam
3 siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan
refleksi. Untuk memperoleh data kemampuan penalaran matematis siswa
menggunakan tes kemampuan penalaran matematis. Hasil perolehan nilai untuk
setiap subjek penelitian pada siklus I, yaitu SP1 mendapatkan nilai 62,5, SP2
mendapatkan 70,8, SP3 mendapatkan 45,8, SP4 mendapatkan 58,3, SP5
mendapatkan 37,5, dan SP6 mendapatkan 37,5. Pada siklus II nilai tiap SP
meningkat, SP1 mendapatkan nilai 75, SP2 mendapatkan 75, SP3 mendapatkan
79,2, SP4 mendapatkan 62,5, SP5 mendapatkan 62,5, dan SP6 mendapatkan 50.
Pada siklus III nilai tiap SP juga meningkat, SP1 mendapatkan nilai 79,2, SP2
mendapatkan 79,2, SP3 mendapatkan 83,3, SP4 mendapatkan 75, SP5
mendapatkan 75, dan SP6 mendapatkan 70,8. Ketuntasan klasikal subjek
penelitian untuk kemampuan penalaran matematis dalam kategori baik pada
siklus III telah mencapai 83,33% dan kategori sangat baik mencapai 16,67%,
sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Treffinger
dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII-1 SMPN 3
Tangerang Selatan pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Kata kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Penalaran Matematis, SPLDV
SS00020433 | SK 20433 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain