Text
Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik di SMP Negeri 74 Jakarta Timur
ABSTRAK
MUFIDA AULIYA CITRA Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik di SMP Negeri 74 Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.
Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan oleh peserta didik. Kemampuan koneksi matematis dapat dikembangkan melalui model pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk menghubungkan dan menyusun beberapa konsep berdasarkan hasil pemikirannya sendiri. Salah satu model pembelajaran yang dapat mendorong kemampuan representasi matematis siswa adalah model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik SMP Negeri 74 Jakarta Timur.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan koneksi matematis berupa 5 soal uraian yang telah dinyatakan valid secara isi, konstruk, dan empiris. Populasi target penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 74 Jakarta sedangkan populasi terjangkau penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 74 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel yang dipilih dari delapan kelas, yaitu VIII-A – VIII-H. Setelah melakukan uji sebelum perlakuan dinyatakan bahwa terdapat lima kelas berdistribusi normal dan homogen, yaitu kelas VII-A, VIII-C, VIII-D, VIII-F, dan VIII-H serta terdapat enam pasang kelas yang memiliki kesamaan rataan. Melalui teknik cluster random sampling terpilih kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran Project Based Learning) dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol (model pembelajaran konvensional).
Berdasarkan hasil pengujian prasyarat analisis data setelah perlakuan yaitu uji normalitas Shapiro Wilk dan uji homogenitas Fisher, kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki distribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis statistik menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi ɑ = 0,05. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh maka ditolak, sehingga rata-rata kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Besar pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik SMP Negeri 74 Jakarta adalah 0,5 dengan persentase 33% dan berada pada kategori Medium. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik SMP Negeri 74 Jakarta.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan Koneksi Matematis.
SS00020454 | SK 20454 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain