Text
Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII-3 melalui pendekatan saintifik dengan model problem based learning pada materi pola bilangan di MTs Negeri 18 Jakarta
ABSTRAK
Fajar Nur Rahman, (3115126506). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII-3 melalui Pendekatan Saintifik dengan Model Problem Based Learning pada Materi Pola Bilangan Di MTs Negeri 18 Jakarta”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII-3 melalui pendekatan saintifik model Problem Based Learning pada pokok bahasan pola bilangan di MTs Negeri 18 Jakarta tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII-3 MTs Negeri 18 Jakarta yang berjumlah 34 orang. Pelaksanaan penelitian terdiri dari tiga siklus yang masing-masing siklus memiliki tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai baik dilihat dari masing-masing indikator kemampuan pemahaman konsep maupun dilihat dari rata-rata indikator kemampuan pemahaman konsep siswa. Rata-rata nilai pada tahapan prasiklus sebesar 25,37, pada tahapan siklus I mengalami kenaikan rata-rata sebesar 44,73, tahapan siklus II meningkat rata-rata sebesar 63,85, dan pada tahapan siklus III juga mengalami kenaikan rata-rata sebesar 83,46. Penerapan pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan model problem based learning juga mendapat respons positif baik dari guru maupun siswa melalui hasil wawancara yang diberikan. Pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih aktif dan bermakna sehingga siswa dapat memahami materi lebih mudah.
Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan saintifik dengan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII-3 di MTs Negeri 18 Jakarta pada materi pola bilangan.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Pendekatan Saintifik, Problem Based Learning.
SS00020482 | SK 20482 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain