Text
Perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif jigsaw dan Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) di SMP Negeri 2 Jakarta
ABSTRAK
Wahyu (3115153173), Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis Pada Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif
Jigsaw dan Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) di SMP Negeri 2
Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan
hasil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan Thinking Aloud Pair Problem Solving
(TAPPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi
eksperiment atau eksperimen semu. Populasi yang diambil dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jakarta tahun
ajaran 2018/2019, dan sampel dipilih dengan simple random sampling dipilih
siswa kelas VIII, dilanjutkan purposive sampling dan didapat sampel dalam
peneletian ini adalah siswa kelas VIII-D dan VIII-H dengan jumlah siswa
masing-masing 35 siswa di sekolah tersebut. Kedua kelasnya menjadi kelas
eksperimen. Kelas VIII-D menjadi kelas eksperimen dengan model pembelajaran
Jigsaw dan kelas VIII-H menjadi kelas eksperimen dengan model pembelajaran
TAPPS. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk uraian.
Soal tes ini mengacu pada indikator kemampuan pemahaman konsep. Teknik
analisis data yang digunakan uji-t dengan uji prayarat yaitu uji normalitas dan uji
homogenitas dengan taraf signifikan (�) = 0,05. Hasil analisis data, diperoleh
thitung = 2,479 dan ttabel = 1,995 dengan kriteria pengujian hipotesis terima H0
jika �ℎ����� < �tabel Karena �ℎ����� = 2,479 > ������ = 1,995 maka H0 ditolak dan Ha
diterima sehingga Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa
menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih baik TAPPS di SMP
Negeri 2 Jakarta.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Model Pembelajaran TAPPS,
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
SS00020460 | SK 20460 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain