Text
Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token pada materi aritmetika sosial di kelas VII-6 SMP Negeri 2 Jakarta
ABSTRAK
PUTRI OKTARINA, Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token pada Materi Aritmetika Sosisal di Kelas VII-6 SMP Negeri 2 Jakarta.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Berdasarkan hasil observasi di kelas VII-6 dan tes awal kemampuan komunikasi matematis di kelas VII-6 SMP Negeri 2 Jakarta, disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa berada dalam kategori rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat dijadikan alternatif pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terdiri dari beberapa langkah, yaitu pengondisian kelas dalam bentuk kelompok diskusi, pembagian kupon waktu dan tugas kepada setiap siswa, diskusi kelompok dan menukaran kupon waktu untuk kesempatan mempresentasikan jawaban tugas atau hasil diskusi kelompok dan menanggapi jawaban tugas atau hasil presentasi kelompok dari tugas yang telah di berikan. Masing-masing langkah model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Time Token di kelas VII-6 SMP Negeri 2 Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untik mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada materi Aritmetika Sosial dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Setiap siklus menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token. Siswa juga diberikan tes akhir pada setiap siklus untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini berlangsung dari akhir bulan Januari hingga awal Maret 2018 di kelas VII-6 SMP Negeri 2 Jakarta tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 35 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis di setiap siklusnya. Rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII-6 SMP Negeri 2 Jakarta pada siklus I adalah 64,05 pada siklus II meningkat menjadi 67,62 dan pada siklus III meningkat menjadi 75,00. Kemudian jumlah siswa yang nilai kemampuan komunikasi matematis mencapai atau melebihi 64 juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak 71,42 % siswa, pada siklus II meningkat menjadi 74,28% siswa dan pada siklus III meningkat menjadi 88,57 % siswa.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token
SS00020463 | SK 20463 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain