Text
Pengaruh pendekatan Differentiated Instruction (DI) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemecahan maslah matematis siswa SMP Negeri 19 Bekasi
ABSTRAK
Rini Setyaningrum, Pengaruh Pendekatan Differentiated Instruction (DI) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 19 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dari penerapan pendekatan DI dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 19 Bekasi dan untuk mengetahui besar pengaruh signifikan dari penerapan pendekatan DI dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 19 Bekasi.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Bekasi, semester genap, tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling untuk menentukan kelas eksperimen (pendekatan DI dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Kedua kelas yang telah dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians homogen atau sama, dan memiliki kesamaan rata-rata. Setelah perlakuan, kedua kelas tersebut diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis untuk mendapatkan data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Aritmetika Sosial yang terdiri dari 4 butir soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah dianalisis berdasarkan kriteria validitas isi, validitas konstruk, validitas empiris, dan reliabilitas.
Berdasarkan pengujian prasyarat analisis data penelitian, kelas eksperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji t dua sampel independent dengan varians yang sama pada taraf signifikansi = 0,05. Berdasarkan uji t, diperoleh yaitu sebesar 4,7668 lebih besar daripada yaitu sebesar 1,99085. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan pendekatan DI dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 19 Bekasi. Berdasarkan perhitungan besar pengaruh, diperoleh nilai besar pengaruh (ES) sebesar 1,0. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa besar pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan DI dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis adalah sebesar 84% yang termasuk dalam kategori besar.
Kata Kunci: Pendekatan Differentiated Instruction (DI), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
SS00020453 | SK 20453 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain