Text
Pengembangan modul pembelajaran kimia berwawasan lingkungan dengan pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga
ABSTRAK
RIFKA APRILLIANA. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berwawasan lingkungan dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran kimia berwawasan lingkungan dengan pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga untuk peserta didik SMA/MA kelas XI MIPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Subjek uji coba skala besar dilakukan terhadap 41 peserta didik SMAN 27 Jakarta dan 5 guru kimia SMA. Hasil penelitian ini adalah berupa modul pembelajaran kimia berwawasan lingkungan dengan metode pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga. Hasil validasi modul pembelajaran kimia oleh ahli materi, bahasa, dan media diperoleh interpretasi baik hingga baik sekali. Hasil uji coba skala besar peserta didik dan guru mendapatkan interpretasi baik hingga baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berwawasan lingkungan dengan pendekatan saintifik mendapatkan respon positif dari peserta didik maupun guru dan layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia di sekolah untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam belajar mandiri dan aktif.
Kata kunci: Modul Kimia Berwawasan Lingkungan, Pendekatan Saintifik, Larutan Penyangga
SS00020474 | SK 20474 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain