Text
Pengaruh model project based learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA
ABSTRAK
ENENG ITA ROSITA. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 31 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang dipakai adalah metode eksperimen jenis quasi experimental dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model project based learning dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model direct instructional. Data dikumpulkan dengan teknik tes kemampuan berpikir kritis yang didapatkan dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik yang diajarkan dengan model project based learning berbantuan LKPD memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang diajarkan dengan model direct instructional.
Kata Kunci: model project based learning, kemampuan berpikir kritis, LKPD
SS00020478 | SK 20478 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain