Text
Analisis keterampilan berpikir siswa berdasarkan hess's cognitive rigor matrix pada integrasi dilemma story dalam proyek berbasis STEM materi polimer
ABSTRAK
DEVINA DWI ASTARI. Analisis Keterampilan Berpikir Siswa Berdasarkan Hess’s
Cognitive Rigor Matrix Pada Integrasi Dilemma story dalam Proyek Berbasis
STEM Materi Polimer. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Kimia,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta,
Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir siswa
berdasarkan Hess’s Cognitive Rigor Matrix melalui integrasi Dilemma story
dalam proyek STEM pada materi Polimer. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII
IPA di SMA Negeri 4 Tambun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan pengumpulan data melalui wawancara, reflektif jurnal, lembar observasi
serta soal latihan polimer. Cerita dilema yang digunakan mengangkat masalah
penggunaan plastik dan proyek STEM dilakukan untuk mengatasi permasalahan
dalam dilema plastik yaitu pembuatan plastik biodegradable. Keterampilan
berpikir siswa dianalisis berdasarkan rubrik Hess’s Cognitive Rigor Matrix yang
menggambarkan proses kognitif taksonomi Bloom dan kedalaman pemahaman
Webb. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 47,42% siswa pada level
keterampilan berpikir [1-C2] yaitu level 1 kedalaman Webb (Recall) dan level C2
taksonomi Bloom (memahami), 23,56% siswa pada level [2-C2], 9,88% siswa
pada level [1-C1], 5,92% dan 1,67% siswa pada level [1-C3] dan [2-C3] serta
8,05% dan 3,5% siswa pada level [1-C4] dan [2-C4]. Hasil peneltian
menunjukkan bahwa siswa mencapai level keterampilan berpikir [1-C2] pada 5
indikator soal. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa mampu menjelaskan
kembali dengan kalimat sederhana pengetahuan yang berasal dari pengetahuan
jangka panjangnya mengenai penggolongan polimer, kegunaan polimer,
pengaruh struktur pada sifat polimer proses pembentukan dan penanggulangan
dampak polimer. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa
penerapan integrasi dilemma stories dalam proyek STEM mampu
mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif dan kemampuan
argumentasi siswa.
Kata kunci : Keterampilan berpikir, Dilemma story, PjBL STEM, Polimer, Hess’s
Cognitive Rigor Matrix
SS00020489 | SK 20489 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain