Text
Pengembangan sistem pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan berbasis android pada SMK Taman Siswa 2
ABSTRAK
DEWI OKTAVIANI, Pengembangan Sistem Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan Berbasis Android Pada SMK Taman Siswa 2. Pembimbing Widodo, M.Kom dan Bambang Prasetya Adhi, S.Pd., M.Kom.
Sistem pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan di SMK Taman Siswa 2 Jakarta masih dilakukan secara konvensional sehingga pembayaran tidak dapat diakses dimana saja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sistem pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan berbasis android untuk membantu orang tua siswa mengetahui informasi dan melakukan pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan perangkat lunak agile model scrum. Pengembangan sistem dengan menggunakan scrum terdiri dari tahap sprint planning, sprint backlog, sprint, sprint review dan sprint retrospective. Kebutuhan sistem didapat melalui wawancara kepada Wakil Kepala Sekolah bagian Keuangan. Hasil wawancara diolah menjadi rancangan kebutuhan sistem yang dinamakan product backlog kemudian di identifikasi dan dibagi menjadi beberapa bagian dalam tahap sprint planning. Setelah dibagi menjadi beberapa bagian kemudian dimasukan kedalam artefak sprint backlog. Setelah artefak sprint backlog sudah terbagi, kemudian mulai dikerjakan pada tahap sprint. Setelah melalui tahap sprint, sistem kemudian masuk ke tahap sprint review untuk menguji tingkat keberhasilan sprint dan sprint retrospective untuk melakukan inspeksi terhadap pekerjaan yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pada pengerjaan sprint berikutnya. Hasil pengujian fungsional menggunakan black box testing menunjukkan bahwa keseluruhan fungsi dalam sistem dapat berjalan dengan baik. Hasil pengujian menggunakan user acceptance testing menunjukkan bahwa pengembangan sistem pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan berbasis android pada SMK Taman Siswa 2 telah berjalan dengan baik serta membantu orang tua siswa mengetahui informasi dan melakukan pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan. Sehingga penggunaan metode pengembangan perangkat lunak agile dengan model scrum dalam pengembangan sistem pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan pada SMK Taman Siswa 2 dapat menghasilkan sistem yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna terutama orang tua siswa, yaitu: membantu orang tua siswa mengetahui informasi dan melakukan pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan.
Kata Kunci: Sistem Pembayaran, Sumbangan Pembinaan Pendidikan, Agile, Scrum, Black Box Testing, User Acceptance Test.
SS00020534 | SK 20534 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain