Text
Hubungan antara pengaturan diri dalam belajar (self regulated learning) dan motivasi belajar dengan hasil belajar instalasi tenaga listrik siswa kelas XII SMK Patriot 1 Bekasi
ABSTRAK
Sandy Maulana, Hubungan antara Pengaturan Diri Dalam Belajar (Self
Regulated Learning) dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XII
TITL SMK Patriot 1 Bekasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro,
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2019. Dosen Pembimbing: Dr.
Daryanto, MT, Nur Hanifah Yunida, ST., MT.
Self Regulated Learning dikenal sebagai metakognisi yang berfungsi untuk
mengendalikan proses belajar yang meliputi perencanaan belajar, pelaksanaan
belajaar, dan evaluasi hasil belajar. Motivasi Belajar dorongan merupakan
kekuatan mental untuk melakukan kegiatan dalam rangka pemenuhan harapan dan
dorongan dalam hal ini adalah pencapaian tujuan belajar. Hasil Belajar merupakan
perubahan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar yang dapat
diamati dan diukur dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap, informasi,
strategi dan kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan
antara Pengaturan Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) dan Motivasi
Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL SMK Patriot 1 Bekasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif
korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas TITL SMK Patriot 1
Bekasi angkatan 2018/2019. Sampel dari penelitian ini adalah 30 siswa TITL
SMK Patriot 1 Bekasi angkatan 2018/2019. Data penelitian Self Regulated
Learning (X1) dan Motivasi belajar (X2) diambil dengan pengisian instrumen
penelitian berupa kuesioner dan data penelitian Hasil Belajar (Y) diambil dari
nilai UAS siswa kelas XII pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik. Data
tersebut diuji validitas dan reliabilitas, kemudian setelah itu data dianalisis melalui
uji normalitas, uji linieritas, analisis persamaan regresi, analisis koefisien korelasi,
dan uji signifikansi dengan uji-t dan uji-f dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.
Hasil kesimpulan antara X1 dan Y didapat analisis koefisien korelasi ryx1 = 0,599,
uji signifikansi koefisien didapat thitung (3,95) > ttabel (2,05) dengan kontribusi
sebesar 35,8 %, sedangkan antara X2 dan Y didapat analisis koefisien korelasi ryx2 =
0,519, uji signifikansi koefisien didapat thitung (3,20) > ttabel (2,05) dengan
kontribusi sebesar 26,9 %. dan untuk hubungan X1 X2 dan Y diperoleh nilai ryx1x2
= 0,618, kemudian nilai fhitung = 8,34 > ftabel = 3,35 yang berarti fhitung > ftabel maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
Hubungan antara Pengaturan Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) dan
Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL SMK Patriot 1
Bekasi.
Kata kunci: Hubungan, Self Regulated Learning,Motivasi Belajar,Hasil Belajar
SS00021353 | SK 21353 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain