Text
peningkatan hasil belajar dengan blended learning berbasis aplikasi edmodo pada mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin di SMKN 1 Cikarang Barat
ABSTRAK
Dwi Kurnia Alvianto. Peningkatan Hasil Belajar dengan Blended Learning Berbasis Aplikasi Edmodo pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin di SMKN 1 Cikarang Barat. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin kelas X T Las B SMKN 1 Cikarang Barat Tahun Ajaran 2018/2019 dengan model pembelajaran Blended Learning. Tempat penelitian dilakukan di SMKN 1 Cikarang Barat yang beralamat di Jln. Raya Teuku Umar No. 1, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat 17520 pada bulan Februari 2019. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X T Las B. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data deskriptif kualitatif dari hasil belajar pre-test dan post-test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase berupa perhitungan tes hasil belajar pre-test dan post-test dengan hasil observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata-rata ranah kognitif siswa selalu meningkat. Pada siklus I sebesar 57,89% atau 11 siswa telah mencapai KKM. Pada siklus II sebesar 84,21% atau 16 siswa telah mencapai KKM. 2) Motivasi belajar siswa meningkat dengan pembelajaran online, siswa menjadi lebih aktif bertanya kepada peneliti (guru), komunikasi dengan temannya dan saling bertukar informasi mengenai materi pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran kelas X T Las B SMKN 1 Cikarang Barat Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Blended Learning, Teknik Pengelasan, SMKN 1 Cikarang Barat, Hasil Belajar.
SS00020611 | SK 20611 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain