Text
Pengaruh komposisi kampas kopling sentrifugal CVT berbahan paduan serbuk kayu dan serat sabut kelapa terhadap performa mesin Hinda Vario 110 cc
ABSTRAK
AHMAD BARKAH, “Pengaruh Komposisi Kampas Kopling Sentrifugal CVT
Berbahan Paduan Serbuk Kayu dan Serat Sabut Kelapa Terhadap Performa Mesin
Honda Vario 110 cc.” Skripsi. Jakarta. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Jakarta.
2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekerasan kampas kopling, gaya
dorong, kecepatan maksimum dan percepatan kendaraan yang dihasilkan kampas
kopling sentrifugal CVT dengan variasi komposisi serbuk kayu dan serat sabut kelapa
serta membandingkannya dengan kampas kopling standar.
Bahan penyusun komposit kampas kopling yang digunakan adalah resin
phonelic, serbuk kayu sengon, serat sabut kelapa dan cangkang kerang. Variasi
Proses pembuatan kampas dilakukan dengan mencampur bahan-bahan penyusun
komposit kampas kopling yang berbentuk serbuk, kemudian dilakukan proses
kompaksi sebesar 2 ton dan ditahan selama 60 menit. Setelah itu, dilakukan proses
sintering dengan memasukan kampas kopling ke dalam oven. Suhu diatur 80°C
selama 40 menit. Selanjutnya dilakukan pengujian kekerasan Vickers untuk
mengetahui harga kekerasan dan melakukan pengujian performa mesin dengan dyno
test.
Hasil pengujian menunjukan nilai kekerasan dengan komposisi serbuk kayu
40%, serat sabut kelapa 0% mendapatkan nilai kekerasan yang paling mendekati
kampas standar yaitu sebesar 18,4 HV. Komposisi serbuk kayu 0%, serat sabut
kelapa 40% menghasilkan gaya dorong terbesar dengan nilai 183,64 N dan
percepatan kendaraan terbesar dengan nilai 1,0048 m/s2
. Komposisi serbuk kayu
20%, serat sabut kelapa 20% menghasilkan kecepatan maksimum terbesar dengan
nilai 99,64 km/jam
.Kata Kunci : CVT, Kampas kopling, Serbuk Kayu, Kelapa
SS00021372 | SK 21372 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain