Text
Meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model cooperative learning tipe student facilitator and explaining kelas V SDN Kebon Kosong 03 Pagi Jakarta Pusat
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) PADA SISWA KELAS V SD
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kebon Kosong 03 Pagi Jakarta Pusat)
(2019)
APRIDA DWI PURNAMASARI
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada peserta didik kelas V SD. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN Kebon Kosong 03 Pagi Jakarta Pusat. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 32 peserta didik dengan 13 peserta didik laki-laki dan 19 peserta didik perempuan. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian, yaitu perencanaan, tindakan observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan 2x35 menit. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar muatan IPS model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE). Hasil belajar muatan IPS Pada siklus I diperoleh hasil belajar peserta didik Ranah Kognitif 63%, Afektif, 59%, Psikomotorik 56%dan pada siklus II hasil belajar peserta didik Ranah Kognitif 91%, Afektif, 88%, Psikomotorik 88%. Peningkatan yang terjadi pada Ranah kognitif 28%, Afektif 29%, Psikomotorik 32%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar IPS.
SS00020685 | SK 20685 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain