Text
Pengembangan media video pembelajaran tata rias karakter pada siswa SMK Negeri 27 Jakarta
ABSTRAK
Dian Ratna Sari, Pengembangan Media Video Pembelajaran Tata Rias Karakter Pada Siswa SMK Negeri 27 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian research and Development (R&D) yang menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbentuk Video dengan judul “Video Pembelajaran tata Rias Karakter”, video ini dapat digunakn untuk dapat membantu dalam proses pembelajaran tata rias karakter pada siswa kelas XII Kecantikan Kulit SMK Negeri 27 Jakarta. Video pembelajaran ini dikemas dalam bentuk DVD yang dapat dijadikan sumber belajar alternatif baik dalam pembelajaran kelompok maupun mandiri. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang memiliki 5 tahapan proses yaitu: tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Hasil penelitian dan pengembangan media video pembelajaran ini melalui tahap evaluasi dari ahli media diperoleh nilai 92,5%, sedangkan untuk ahli materi diperoleh nilai 89,38% sehingga video dapat dikatakan sangat layak. Tahap uji coba perorangan diperoleh hasil sebesar 95,62% , sedangakan untuk uji coba lapangan diperoleh nilai sebesar 84,42% yang dapat dikatakan bahwa video juga sangat layak untuk digunakan. Pada tahap skala besar pula dilakukan pre test untuk melihat hasil belajar siswa, nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil pre test adalah 52,14 sedangkan untuk post test nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85,35. Hasil tersebut terdapat peningkatan sebesar 19, 94%.
Dengan demikian video pembelajaran tata rias karakter sangat layak dalam membantu proses pembelajaran. Selain itu video pembelajaran ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar alternatif yang menyenangkan dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII Kecantikan Kulit.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Tata Rias Karakter
SS00020630 | SK 20650 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.0056) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain