Text
Pengembangan e-modul pada mata kuliah kompetensi pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Afaf Afifah. Pengembangan E-Modul Pada Mata Kuliah Kompetensi
Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas
Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan,
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2019
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis emodul
pada mata kuliah Kompetensi Pembelajaran. Penelitian ini termasuk ke
dalam Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian
Borg and Gall, yang terdiri dari 10 langkah. Pada penelitian ini model tersebut
disederhanakan menjadi lima langkah yaitu, studi pendahuluan, tahapan
perencanaan, tahapan pengembangan desain, tahapan validasi, tahapan revisi
validasi. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data angket. Angket
yang diberikan kepada para ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan
produk bahan ajar berbasis e-modul.
Hasil kelayakan produk bahan ajar berbasis e-modul adalah sebagai berikut
: a) Penilaian oleh ahli media mendapatkan nilai sebesar 87% yang dikategorikan
sangat baik; b) Penilaian oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 85,1% yang
dikategorikan baik. Berdasarkan hasil kelayakan, dapat disimpulkan bahwa bahan
ajar berbasis e-modul layak dan sesuai untuk digunakan sebagai variasi bahan ajar
pada mata kuliah Kompetensi Pembelajaran oleh para ahli.
Kata kunci : Bahan ajar, e-modul, Kompetensi Pembelajaran.
SS00020644 | SK 20644 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain