Text
meningkatkan kemampuan berpikir kritis muatan IPA melalui model learning cycle 5E siswa kelas IV SD Islam Alam dan Sains Al-Jannah
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MUATAN PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E SISWA KELAS IV SD ISLAM ALAM DAN SAINS AL-JANNAH DEPOK
(Studi Penelitian Tindakan Kelas di SD Islam Alam dan Sains Al-Jannah)
(2019)
Ulfah Hasanah Mahmudah
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPA melalui model Learning Cycle 5E siswa kelas IV SD Islam Alam dan Sains Al-Jannah Depok. Penelitian dilakukan di SD Islam Alam dan Sains Al-Jannah, Depok dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc.Taggart. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yait perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh data pada siklus 1 persentase siswa yang mencapai skor tes kemampuan berpikir kritis IPA di atas ≥75 sebesar 77%. Hasil tersebut dinyatakan belum mencapai target 80%. Oleh karena itu, penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II, persentase siswa yang mencapai skor tes kemampuan berpikir kritis IPA ≥75 meningkat menjadi 92%. Data tes kemampuan berpikir kritis IPA pada siklus II sudah mencapai target, maka penelitian berhenti pada siklus II. Instrumen pemantau tindakan guru pada siklus 1 sebesar 78% meningkat pada siklus 2 yaitu sebesar 94%. Instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus 1 sebesar 76% meningkat pada siklus 2 menjadi 92%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Learning Cycle 5E sebagai model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPA pada siswa kelas IV SD Islam Alam dan Sains Al-Jannah, Depok.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis IPA, Model Learning Cycle 5E.
SS00020660 | SK 20660 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain