Text
Pengembangan media pop-up book peripanca pada pembelajaran PPKN SD tema pengalamanku di kelas II sekolah dasar
PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PERIPANCA PADA PEMBELAJARAN PPKN SD TEMA PENGALAMANKU DI KELAS II SEKOLAH DASAR
(2019)
Amelia Sindy Eka Fitriana
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa pop-up book Peripanca pada pembelajaran PPKn SD tema pengalamanku di kelas II Sekolah Dasar. Responden dalam pengembangan ini diantaranya, satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli materi, dan peserta didik kelas II SDN Ciracas 11 Pagi, Jakarta Timur sebanyak 32 peserta didik dengan rincian, 3 peserta didik pada tahap one to one evaluation, 6 peserta didik pada tahap small group, dan 23 peserta didik pada tahap field test. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil pada tahap uji ahli, untuk validasi materi produk memperoleh persentase 97%, untuk validasi bahasa memperoleh 84%, dan untuk validasi media memperoleh 96%. Hasil pada tahap uji coba lapangan untuk one to one evaluation memperoleh persentase 93%, untuk small group memperoleh 94%, dan untuk field test memperoleh persentase sebesar 98%. Media pop-up book Peripanca ini termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik untuk mempelajari muatan PPKn pada tema pengalamanku di kelas II Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Media Pop-Up Book Peripanca, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Borg and Gall, Penelitian dan Pengembangan
SS00020675 | SK 20675 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain