Text
Hubungan antara konsep diri dengan kemampuan representasi matematis pada peserta didik kelas V sekolah dasar di Kelurahan Kalisari Pasar Rebo Jakarta Timur
HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN KALISARI PASAR REBO JAKARTA TIMUR
(2019)
Yayuk Oktavia Rohwi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara konsep diri dengan kemampuan representasi matematis pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Kelurahan Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Kelurahan Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, sebanyak 85 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal esai dan instrumen non tes berupa angket. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh hasil thitung (5.945) > ttabel (1.989) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan kemampuan representasi matematis. Artinya, semakin tinggi konsep diri peserta didik maka semakin tinggi pula kemampuan representasi matematis yang dimilikinya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya guru untuk membantu peserta didik meningkatkan konsep diri agar kemampuan representasi matematisnya juga meningkat.
Kata Kunci: Konsep Diri, Kemampuan Representasi Matematis
SS00020743 | SK 20743 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain