Text
Pengembangan kompetensi pendidikmelalui program personal development di SD Global Mandiri jJkarta
PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENDIDIK MELALUI PROGRAM
PERSONAL DEVELOPMENT DI SD GLOBAL MANDIRI JAKARTA
ALEXANDER JULIO HUTASOIT
ABSTRAK
Kompetensi pendidik adalah keterampilan, pengetahuan, sikap dan
kemampuan operasional yang harus dimiliki seorang pendidik dalam
mengimplementasikan pembelajaran dan segala tugas keprofesionalannya.
Dengan perkembangan zaman maka diperlukan adanya pengembangan
kompetensi pendidik agar pendidik dapat menjalani tugas keprofesionalannya
dengan baik sehingga tercapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Pengembangan Kompetensi Pendidik Melalui Program
Personal Development di SD Global Mandiri Jakarta. Metode penelitian ini
yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif analistik. Subfokus penelitian ini
adalah perencanaan program personal development di SD Global Mandiri
Jakarta, pelaksanaan program personal development di SD Global Mandiri
Jakarta dan dampak program personal development di SD Global Mandiri
Jakarta. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan
studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Kepala Sekolah SD
Global Mandiri Jakarta (2) Wakil Kepala Sekolah I SD Global Mandiri Jakarta
(3) Wakil Kepala Sekolah II SD Global Mandiri Jakarta (4) Guru SD Global
Mandiri Jakarta (5) SD Global Mandiri Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) Perencanaan program personal development dilakukan dengan
mencari dan menyusun kebutuhan pendidik, menentukan materi dan
menyusun proposal (2) Pelaksanaan program personal development dilakukan
dengan pemaparan materi yang telah ditentukan bersama (3) Dampak
program personal development bagi pendidik dengan meningkatnya 4
kompetensi pendidik yaitu pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian.
Kata kunci : Kompetensi pendidik, pengembangan kompetensi, program
personal development
SS00020760 | SK 20760 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain