Text
Upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi kelas IV menggunakan media foto pengalaman pribadi di SDN Utan Kayu 01 Matraman Jakarta Timur
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MEDIA FOTO PENGALAMAN PRIBADI DI SDN UTAN KAYU UTARA 01 MATRAMAN JAKARTA TIMUR
(2019)
Andi Siti Sarah Abdurahman
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk menganalisis media foto pengalaman pribadi terhadap peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV di SDN Utan Kayu Utara 01 Matraman Jakarta Timur.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Utan Kayu Utara 01 Matraman Jakarta Timur dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV-c yang berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 12 orang siswa dan 18 orang siswi. Model tindakan yang digunakan adalah model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun tahapan Penelitian Tindakan Kelas adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media foto pengalaman pribadi dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Pada siklus I sejumlah 15 orang siswa memeroleh ≥ 70 dengan presentase sebanyak 50%. Pada siklus II sebanyak 24 orang siswa mendapat nilai ≥ 70 dengan presentase sebanyak 80%. Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 77,27% sedangkan aktivitas siswa mencapai 67,04%. Pada siklus II peningkatan terjadi pada aktivitas guru sebesar 95% dan aktivitas siswa menjadi 94,31%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penggunaan media foto pengalaman pribadi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa.
Kata kunci: Keterampilan menulis narasi, media foto pengalaman pribadi
SS00020756 | SK 20756 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain