Text
Pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis keterampilan proses sains pada muatan IPA di kelas IV sekolah dasar
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MUATAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
(2019)
Beautique Valley Ariyanto
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan menghasilkan sebuah media pembelajaran yaitu Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada muatan IPA di kelas IV SD. LKPD dikembangkan menggunakan model Thiagarajan biasa disebut model 4-D. Model ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Tahap define dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SD membutuhkan LKPD IPA pada pembelajaran IPA. Tahap design peneliti melakukan penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal LKPD. Tahap develop akan ada tiga ahli untuk menvalidasi LKPD yaitu ahli materi, media, dan bahasa. Setelah itu LKPD akan diuji coba pada siswa kelas IV SD selama tiga kali, yaitu uji coba one to one, small group, dan field trial. Penilaian dari ketiga ahli yaitu 95,4% yang berarti bahwa LKPD sangat layak untuk dikembangkan. Uji coba one to one pada 3 siswa memberikan rata-rata penilaian 90,7%, uji coba small group pada 10 siswa memberikan rata-rata penilaian 93,2%, uji coba field trial pada 19 siswa memberikan rata-rata penilaian 94,7%. Hasil uji coba menyatakan bahwa LKPD sangat layak untuk dikembangkan. Tahap disseminate peneliti akan mempublikasi hasil penelitian pada jurnal Nasional. Dapat ditarik kesimpulan bahwa LKPD berbasis KPS pada muatan IPA sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran IPA di kelas IV SD.
Kata kunci penelitian: LKPD, KPS, IPA, dan Thiagarajan
SS00020739 | SK 20739 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain