Text
Ungkapan kemarahan warganet dalam komentar di media sosial instagram
ABSTRAK
LILIS RISNAWATI. Ungkapan Kemarahan Warganet Dalam Komentar di Media
Sosial Instagram. Skripsi. Jakarta: Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas
Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Mei 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ungkapan kemarahan yang terdapat
dalam komentar di media sosial Instagram. Masalah yang dikaji dalam peneltian
ini adalah bagaimana ungkapan kemarahan warganet dalam berkomentar di media
sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Objek penelitian adalah komentar emosi marah yang tedapat di media
sosial Instagram. Korpus penelitian ditentukan sejumlah 40 berita dan 100
komentar. Sumber data dalam penelitian ini adalah komentar yang dituliskan oleh
warganet pada kolom komentar di media sosial Instagram
Hasil penelitian ini menunjukkan dari 40 artikel/berita/foto, ditemukan sebanyak
100 komentar yang mengandung emosi marah. Dari keseluruhan emosi marah
tersebut, terdapat 281 ungkapan emosi marah yang berupa macam dan bentuk
ungkapan marah. Macam dan bentuk emosi marah yang paling banyak ditemukan
adalah ungkapan jengkel sebanyak 40 dan penggunaan jenis umpatan sebanyak
60, dikarenakan banyak warganet yang merasakan jengkel dan menggunakan
umpatan untuk mengekspresikan marahnya. Selain itu, macam emosi marah pada
posisi kedua terdapat kesal dengan jumlah 30, posisi ketiga yaitu benci dengan
jumlah 20, mengamuk dengan jumlah 7 dan posisi terakhir beringas dengan
jumlah 4 dan untuk bentuk emosi marah, posisi kedua terdapat penggunaan
kapital sebanyak 41, selanjutnya penggunaan tanda seru sebanyak 35, penggunaan
emoji sebanyak 27 dan terakhir penggunaan tanda tanya sebanyak 17. Dalam
komentar warganet di Instagram secara keseluruhan terdapat penggunaan 101
macam ungkapan jengkel dan 180 bentuk ungkapan marah. Hal tersebut
menandakan bahwa komentar di media sosial Instagram para warganet
menunjukkan emosi jengkel dan menggunakan umpatan sebagai bentuk
mengekspresikan kemarahannya.
Kata Kunci : Macam Emosi Marah, Bentuk Emosi Marah, Media Sosial,
Instagram.
SS00020801 | SK 20801 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain