Text
Pengaruh metode reading aloud dengan media buku bergambar terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 28 Jakarta
ABSTRAK
ALFIA SYAHRA, 2019. Pengaruh Metode Reading Aloud dengan Media Buku
Bergambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP
Negeri 28 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa
dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reading
aloud dengan media buku bergambar terhadap keterampilan menulis teks fabel
siswa kelas VII SMP Negeri 28 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester
genap tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan ialah metode
eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cara random sampling. Sampel berjumlah 32 siswa kelas eksperimen dan
32 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
ialah prates dan pascates kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan
yang didapat dari sampel penelitian yaitu rata-rata hasil pascates keterampilan
menulis teks fabel pada kelas eksperimen 84,31 dan untuk kelas kontrol 68,03.
Berdasarkan perhitungan uji-t atau uji hipotesis diperoleh sebesar pada dk=62 dan
taraf signifikasi α 0,05, selanjutnya ttabel diperoleh sebesar 1,99 dan thitung 6,270.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan thitung > ttabel. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa H0 ditolak dengan H1 diterima artinya ada pengaruh metode reading aloud
dengan media buku bergambar terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa
kelas VII SMP Negeri 28 Jakarta. Metode reading aloud dengan media buku
bergambar dapat diimplikasikan pada pembelajaran teks cerita fantasi, yaitu guru
dapat menggunakan metode reading aloud dengan media buku bergambar pada
Kurikulum 2013 dalam pembelajaran teks cerita fantasi. Metode reading aloud
dengan media buku bergambar dapat merangsang siswa agar tertarik dengan
pembelajaran teks fabel, menumbuhkan minat baca, dan menumbuhkan
kreativitas siswa.
Kata kunci: metode reading aloud, media buku bergambar, keterampilan menulis
teks fabel
SS00020809 | SK 20809 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02..2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain