Text
Pengaruh metode visualisasi terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Pelita Tiga Rawamangun
ABSTRAK
ASRI DARYANTI, 2019. Pengaruh Metode Visualisasi terhadap Keterampilan
Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Pelita Tiga Rawamangun. Skripsi. Jakarta:
Fakultas Bahasa dan Seni. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode visualisasi terhadap
keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Pelita Tiga Rawamangun.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Pelita Tiga Rawamangun pada semester genap
tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen
dengan desain Pratest-Pascatest Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa yang tercatat sebagai kelas X SMA Pelita Rawamangun. Pengambilan sampel
dilakukan secara purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Rincian
sampel kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas kontrol sebanyak 20 siswa.
Jumlah siswa yang mencapai batas lulus (KKM) yaitu 70 sebanyak 85% sedangkan
siswa yang tidak mencapai batas lulus (KKM) sebanyak 15%. Uji persyaratan analisis
data dilakukan dengan uji normalitas Liliefors, diperoleh Lhitung untuk kelas eksperimen
sebesar 0,109 pada prates dan 0,175 pada pascates, sedangkan Ltabel pada signifikasi
α=0,05 dengan dk=18 Lhitung > Ltabel maka sampel berdistribusi normal. Untuk kelas
kontrol diperoleh Lhitung sebesar 0,185 pada prates dan 0,110 pada pascates. Hasil uji
homogenitas dengan menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung sebesar 1,166 dan Ftabel
2,168 memiliki data yang homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung
sebesar 3,025, sedangkan ttabel sebesar 2,024 dengan taraf nyata 0,05 pada dk=38 untuk
uji dua pihak. Oleh karena itu menunjukkan thitung > ttabel, maka hipotesis diterima.
Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan metode visualisasi terhadap
keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Pelita Tiga Rawamangun.
Metode visualisasi dapat diimplikasikan pada pembelajaran teks eksplanasi, yaitu guru
dapat menggunakan metode visualisasi pada kurikulum 2013 dalam pembelajaran teks
eksplanasi. Selain teks eksplanasi, metode visualisasi juga dapat digunakan pada semua
jenis teks yang termasuk ke dalam teks yang tidak dialami langsung oleh siswa seperti
teks anekdot, dongeng, dll.
Kata kunci: metode visualisasi, keterampilan menulis. teks biografi
SS00020803 | SK 20803 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain