Text
Mulitiple intelligences in reading activities of English text book of 7 grades junior high school
ABSTRAK
CHINTYA DEWI WULANDARI. 2019. Intelejensi Jamak dalam Aktivitas
Membaca pada Buku Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP Kelas 7. Skripsi, Jakarta:
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas
Negeri Jakarta.
Howard Gardner (1983) memperkenalkan Teori Kecerdasan Jamak dan
menggolongkannya menjadi 8 jenis kecerdasan: Verbal/Linguistik, Logis
Matematis, Visual Spasial, Kinestetik-Jasmani, Musikal, Naturalis, Interpersonal
Dan Intrapersonal. Buku pelajaran bahasa Inggris, khususnya dalam instruksi
aktivitas membaca diharapkan dapat merangsang ketertarikan siswa dalam belajar
bahasa Inggris sebagai bahasa asing, sementara perencanaan buku harus sesuai
dengan kebutuhan dari macam-macam kecerdasan jamak. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator dari Teori Kecerdasan Jamak
didalam aktivitas membaca dari buku pelajaran bahasa Inggris dan juga mengetahui
sejauh mana kegiatan membaca dalam buku tersebut memuat Teori Kecerdasan
Jamak. Pada penelitian ini, indikator dari Teori Kecerdasan Jamak dimodifikasi dari
penelitian-penelitian sebelumnya dan divalidasi oleh ahli. Deskriptif kualitatif
melalui analisis konten digunakan sebagai metode penelitian ini. Sumber data
utama penelitian ini adalah Bahasa Inggris, When English Rings a Bell Kelas VII
dan untuk melihat perbedaannya, ditelitilah empat bab pertama dari Bright: An
English Course for SMP/MTs Grade VII. Temuan menunjukkan bahwa,
verbal/linguistik dan interpersonal adalah kecerdasan yang paling sering ditemui
pada instruksi inti dari sumber data utama (51.4% dan 27.4%) diikuti oleh
kinestetik-jasmani. Pada sub-instruksi Verbal/Linguistik dan Interpersonal juga
adalah kecerdasan yang paling sering ditemui (65.6% dan 16.7%) dan diikuti pula
oleh Kinestetik-Jasmani (7.8%). Sementara itu pada buku pembanding,
Verbal/Linguistik adalah yang paling sering ditemui (74.3%). Lalu diikuti oleh
Interpersonal (13.3%) dan Visual Spasial (8.0%).
Kata kunci: Teori Kecerdasan Jamak, Buku Pelajaran Bahasa Inggris, Sekolah
Menengah Pertama
SS00020795 | SK 20795 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain