Text
Pengaruh metode permainan simulasi dengan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII MTS Darul Amal
ABSTRAK
Indy Alya Putri, 2019. Pengaruh Metode Permainan Simulasi dengan Media
Audiovisual terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi. Skripsi. Jakarta:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas
Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan simulasi
dengan media audioviual terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa
kelas VII MTS Darul Amal. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran
2018/1019 di MTS Darul Amal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah desain eksperimen. Desain penelitian ini Pretest-Posttest Control Group
Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai siswa
kelas VII MTS Darul Amal. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random
sampling. Sampel berjumlah 50 siswa. Desain rincian kelas eksperimen 25 siswa
dan kelas kontrol 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah prates dan pascates kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan
perhitungan uji-t atau uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 6,270 pada dk=48 dan
taraf signifikasi α 0,05, selanjutnya Ttabel diperoleh sebesar 2,011. Berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan Thitung 6,207 > Ttabel 2,011. Jadi dapat dikatakan
bahwa Ho ditolak dengan H1 diterima artinya ada pengaruh metode permainan
simulasi dengan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks cerita
fantasi terdapat persentase tertinggi yaitu aspek komplikasi sebesar 46,8. Dengan
demikian terdapat pengaruh metode permainan simulasi dengan media
audiovisual terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII MTS
Darul Amal. Metode permainan simulasi dengan media audiovisual dapat
diimplikasikan terhadap pembelajaran menulis teks fabel, yaitu guru dapat
menggunakan metode permainan simulasi dengan media audiovisual pada K13
dalam pembelajaran memproduksi teks fabel. Metode permainan simulasi dengan
media audiovisual dapat membantu siswa menerima materi secara sederhana
tetapi memiliki pesan yang jelas. Metode permainan simulasi dengan media
audiovisual juga dapat mengatasi kejenuhan dalam suasana belajar.
Kata Kunci: permainan simulasi, audiovisual, teks cerita fantasi
SS00020804 | SK 20804 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain