Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dan gaya kognitif FD (Field Dependent) terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa SMK Mutiara Baru Bekasi
ABSTRAK
Rani Melvia Saraswati. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe
TGT (Team Games Tournament) dan Gaya Kognitif FD (field dependent)
Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa
Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Dalam mempelajari bahasa Jepang terdapat permasalahan yang dirasakan siswa,
yaitu siswa kurang termotivasi untuk belajar, karena hanya beberapa siswa yang
memiliki prestasi baik yang mampu mengikuti pelajaran dengan baik. Selain itu
secara keseluruhan hasil belajar siswa rendah karena hanya sedikit siswa yang
dapat memahami materi yang disampaikan guru. Selain itu, model pembelajaran
yang kurang bervariasi menyebabkan siswa bosan dalam pembelajaran bahasa
Jepang. Oleh karena itu, peneliti bermaksud menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT (team games tournament) pada pembelajaran bahasa Jepang
di SMK Mutiara Baru Bekasi. Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu: Untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (team games
tournament) dan gaya kognitif FD (field dependent) terhadap hasil belajar bahasa
Jepang, Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT
terhadap hasil belajar bahasa Jepang, Untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif
FD (field dependent) terhadap hasil belajar bahasa Jepang. Untuk mengetahui
gaya kognitif siswa didapat melalui tes GEFT (Group Embedded Figures Test).
Setelah itu, dilakukan analisis data untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe TGT (team games tournament) dan gaya kognitif FD
(field dependent) terhadap hasil belajar bahasa Jepang menggunakan rumus
regresi linear berganda. Hasil analisinya, diperoleh B1=1,032, B2=0,75, A=1,37,
dan nila r2=0,504. Selanjutnya adalah menganalisis hasil belajar bahasa Jepang,
dengan menggunakan regresi linear sederhana. Diketahui nilai A=56,95,
B=0,35, dan r2 = 0,321. Adapun untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif FD
(field dependent) terhadap hasil belajar bahasa Jepang. Diketahui nilai A=78,23,
B=1,58, dan r2=0,354. Selain itu berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa
nilai t tabel pada taraf signifikasi 5% yaitu 1,69. Kemudian nilai t hitung pada
penelitian ini yaitu 6,49. Dengan demikian (t hitung > t tabel ) yang berarti terdapat
pengaruh dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan gaya kognitif FD
(field dependent) terhadap hasil belajar bahasa Jepang.
Kata Kunci: Pengaruh, Model, TGT(team games tournament), Gaya Kognitif,
field dependent, Hasil Belajar
SS00020819 | SK 20819 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain