Text
Communication strategies in English for popular science communication class at English Education Study Program of Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Annisa Laila Alvi Syahri. 2019. Strategi Komunikasi di Kelas English for Popular Science Communication di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini membahas penggunaan strategi komunikasi di kelas English for Popular Science Communication di Program Study Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta dalam interaksi kelas. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis-jenis strategi komunikasi dan bagaimana strategi tersebut digunakan oleh siswa di kelas English for Popular Science Communication di Universitas Negeri Jakarta. Analisis wacana dengan kualitatif deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Observasi kelas digunakan untuk mendapatkan data terkait jenis-jenis strategi komunikasi dan bagaimana penggunaannya melalui ujaran dari 17 siswa dalam kelas English for Popular Science Communication, dan interview digunakan untuk mendapatkan data tambahan terkait klarifikasi siswa dalam menggunakan strategi komunikasi. Teori komunikasi strategi dari Celce-Murcia (1995) digunakan sebagai acuan untuk mendeskripsikan data. Hasil dari pertanyaan penelitian 1 menunjukkan bahwa siswa menggunakan 13 jenis strategi komunikasi: fillers sebanyak 62 kali, message abandonment sebanyak 31 kali, self and other repetition sebanyak 27 kali, code switching sebanyak 24 kali, appeals for help sebanyak 10 kali, retrieval sebanyak 9 kali, restructuring sebanyak 8 kali, self-initiated repair sebanyak 5 kali, message replacement sebanyak 3 kali, self-rephrasing sebanyak 3 kali, circumlocution sebanyak satu kali, word coinage sebanyak satu kali, dan all-purpose words sebanyak satu kali. Hasil dari pertanyaan penelitian 2 bagaimana strategi komunikasi tersebut digunakan ketika memberi pendapat, menjawab pertanyaan, memberikan pertanyaan, dan menjelaskan kepada guru dan mahasiswa lainnya pada diskusi kelompok dan diskusi kelas selama interaksi kelas. Strategi komunikasi dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai alternative untuk menyampaikan gagasan mereka.
Kata kunci: Strategi komunikasi, Interaksi kelas, Kelas English for Popular Science Communication, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
SS00020846 | SK 20846 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain