Text
Communication strategies used in English for interpersonal and transactional communication class at English Education Study Program of Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Afrida Nurwitasari. 2019. Strategi Komunikasi Yang Digunakan di Kelas English For Interpersonal and Transactional communication di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini membahas penggunaan startegi komunikasi yang digunakan oleh siswa pada kelas English For Interpersonal and Transactional Communciation di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan bagaimana strategi komunikasi tersebut digunakan oleh siswa di kelas English For Interpersonal and Transcational communication. Analisis wacana dengan kualitatif deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Taksonomi yang diusulkan oleh Celce-Murcia, digunakan sebagai referensi untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis-jenis strategi komunikasi. Observasi kelas dilakukan untuk mendapatkan data terkait dengan jenis-jenis dan bagaimana penggunaannya melalui ujaran dari 17 siswa selama interaksi di dalam kelas dan interview digunakan untuk mendapatkan data tambahan terkait klarifikasi siswa dalam menggunakan strategi komunikasi. Hasil dari pertanyaan penelitian pertama menunjukkan bahwa terdapat 14 jenis CSs yang digunakan oleh siswa pada kelas English For Interpersonal and Transactional communication: code-switching digunakan sebanyak 32 times, message abandonment 12 kali, self and other repetition 10 kali, filler 6 kali, non-verbal 5 kali, topic avoidance 4 times, Self-initiated repair 4 kali, appeals for help 3 kali, all-purpose word 3 kali, retrieval 3 kali, self-rephrasing 3 kali, responses 3 kali, word coinage satu kali, and literal translations satu kali. Hasil dari pertanyaan kedua menunjukkan bahwa strategi komunikasi digunakan ketika menjelaskan topik, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mengkonfirmasi, memberikan saran, memberikan pendapat, dan memberikan komentar selama interaksi di dalam kelas. Siswa memahami bahwa strategi komunikasi digunakan sebagai cara alternatif untuk menyampaikan ide-ide mereka.
Kata kunci: strategi komunikasi, siswa dalam bahasa Inggris untuk kelas komunikasi Interpersonal dan Transaksional
SS00020822 | SK 20822 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain