Text
Analisis gaya bahasa kiasan pada iklan pariwisata dalam majalah skyward Japan Airlines
ABSTRAK
Fransisca Luciana Hunila. 2019. Analisis Gaya Bahasa Kiasan dalam Iklan Pariwisata pada Majalah Skyward Japan Airlines. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini menggunakan objek kajian berupa iklan pariwisata Jepang yang berasal dari majalah Skyward yang diterbitkan oleh Japan Airlines. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gaya bahasa kiasan yang terdapat pada iklan pariwisata dalam majalah Skyward Japan Airlines edisi April 2018 dan untuk mengetahui fungsi bahasa yang tedapat dalam kalimat yang mengandung gaya bahasa kiasan pada iklan pariwisata dalam majalah Japan Airlines April 2018. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data yang ada dan menggunakan teknikpilah unsur penentu (PUP) untuk menganalisis data, data yang ditemukan kemudian dianalisa dengan menggunakan teori Abrams, kemudian hasil analisis dikemukakan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil analisis ditemukan 23 data, yaitu tiga gaya bahasa personifikasi, tujuh gaya bahasa metafora, empat gaya bahasa simile, lima gaya bahasa metonimia, empat gaya bahasa sinekdok. Dapat diketahui bahwa gaya bahasa metafora lebih banyak digunakan dalam iklan pariwisata untuk mengungkapkan keindahan sebuah tempat wisata.
Kata kunci : gaya bahasa kiasan, hiyu, bahasa Jepang, fungsi bahasa, iklan pariwisata
SS00020850 | SK 20850 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain