Text
Analisis kesesuaian butir soal evaluasi membaca pada bahan ajar bahasa Mandarin Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin tahun pertama dengan kurikulum internasional pendidikan bahasa Mandarin
ABSTRAK
Rere Agita Putri. 2019. Analisis Kesesuaian Butir Soal Membaca pada Bahan Ajar Bahasa Mandarin Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Tahun Pertama dengan Kurikulum Internasional Pendidikan Bahasa Mandarin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Evaluasi merupakan salah satu aspek yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembelajaran bahasa. Evaluasi yang dilakukan pada pembelajaran bahasa khususnya pembelajaran bahasa asing bertujuan untuk menilai atau mengukur kemampuan bahasa peserta didik berdasarkan kriteria penilaian tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian butir soal evaluasi mata kuliah Membaca Tingkat Pertama yang terdapat dalam bahan ajar bahasa Mandarin Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin tingkat pertama dengan Kurikulum Internasional Pendidikan Bahasa Mandarin (KIPBM). Bahan ajar tersebut adalah 《汉语阅读教程第一册 》,《汉语阅读教程第二册 》 dan modul Membaca dan Menulis Dasar 1 dan 2. Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pada buku 《汉语阅读教程第一册》terdapat 135 soal. 103 soal di antaranya sesuai dengan Indeks Pencapaian Kompetensi (IPK) KIPBM Tingkat 1 no 1, 2 dan 4. Pada modul Membaca dan Menulis Dasar 1 terdapat 108 soal. 76 soal di antaranya sesuai dengan IPK KIPBM Tingkat 1 no 1, 2 dan 4. Pada buku 《汉语阅读教程第一册》dan 《汉语阅读教程第二册》terdapat 71 soal. 33 soal di antaranya sesuai dengan IPK KIPBM Tingkat 2 no 1, 2 dan 4. Pada buku modul Membaca dan Menulis Dasar 2 terdapat 65 soal. 44 soal di antaranya sesuai dengan IPK KIPBM Tingkat 2 no 1, 2 dan 4. Kata kunci: Bentuk Soal, Evaluasi, Keterampilan Membaca, Bahan Ajar Bahasa Mandarin
SS00020848 | SK 20848 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain