Text
Pengaruh model cooperative learning tipe fan-N-pick terhadap hasil belajar dalam pembelajaran muatan IPS pada siswa kelas V SD : studi eksperimen di SD Negeri Kelurahan Cilangkap, Jakarta Timur
PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE FAN-N-PICK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SD
(Studi Eksperimen di SD Negeri Kelurahan Cilangkap, Jakarta Timur)
2019
Arini Izzaty Alhaqiqiyah
ABSTRAK
Peneitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe Fan-N-Pick terhadap hasil belajar dalam pembelajaran muatan Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SD. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas VB dan VD SDN Cilangkap 01 Jakarta Timur dengan jumlah responden masing-masing kelas sebanyak 28 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpuan data dilaukan dengan menggunakan tes objektif berbentuk pilihan ganda. Pengujian normalitas menggunakan uji liliefors menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Pengujian homogenitas menggunakan uji Fisher menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel (3,34>1,70), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe Fan-N-Pick berpengaruh terhadap hasil belajar dalam pembelajaran muatan Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SD.
Kata kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembelajaran Kooperatif, Tipe Fan-N-Pick.
SS00020690 | SK 20690 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain