Text
Discourse markers in the introductory part of research article published in the proceedings of the 4th International conference on teacher professional development
ABSTRAK
Febriansyah, Edho Akbar. 2019. Penanda Wacana Bagian Pengantar Artikel
Penelitian yang Dipublikasikan dalam Prosiding Konferensi Internasional yang
Ke-4 Mengenai Pengembangan Profesional Guru. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Agustus, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jenis-jenis penanda wacana dan
bagaimana mereka digunakan dalam penulisan bagian pengantar artikel penelitian.
Artikel penelitian tersebut diperoleh dari prosiding International Conference on
Teacher Professional Development yang ke-4. Penelitian ini menggunakan
analisis isi sebagai metode penelitiannya. 19 artikel penelitian dipilih untuk
dianalisa. Jenis-jenis penanda wacana yang diusulkan oleh Fraser (1999, 2015)
dan telah dikombinasikan dengan Martinez (2004) digunakan untuk menganalisa
data yang kemudian dihubungkan kembali pengunannya dengan langkah-langkah
penulisan bagian pengantar yang diusulkan oleh Swales (1990). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat 235 penanda wacana yang ditemukan di dalam
bagian pengantar artikel penelitian. Penanda wacana tersebut terdiri dari 168
elaborative discourse markers dengan penanda and yang mendominasi, 29
contrastive discourse markers dengan penanda but yang mendominasi, 28
implicative discourse markers dengan penanda so yang mendominasi dan 10
exemplifier discourse markers dengan penanda such as yang mendominasi. Hasil
penelitian juga menunjukkan bahwa Move 1 (establishing research territory) dan
Move 3 (occupying the niche) didominasi oleh elaborative discourse markers dan
Move 2 (establishing a niche) didominasi oleh contrastive discourse markers.
Kata kunci: Penanda Wacana, Bagian Pengantar, Artikel Penelitian, Langkah
dalam Bagian Pengantar
SS00020869 | SK 20868 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain