Text
Hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar sejarah di SMA Negeri 4 Tambun Selatan
ABSTRAK
Yeni Rahmawati. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Sejarah Di SMA Negeri 4 Tambun Selatan. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar sejarah di SMA Negeri 4 Tambun Selatan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Tambun Selatan pada bulan Februari 2019 sampai dengan April 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan studi korelasional.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Tambun Selatan. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 104 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan menetapkan 30% dari jumlah populasi terjangkau per kelas sehingga didapat sampel penelitian berjumlah 32 siswa.
Teknik pengumpulan data dengan sebaran angket kecerdasan emosional. Sedangkan data hasil belajar sejarah diperoleh dari data nilai penilaian tengah semester pada semester II (Genap) tahun ajaran 2018/2019. Angket penilaian terlebih dahulu diuji untuk validitas butir pernyataan dengan menggunakan rumus Pearson (Product Moment), dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Crounbach Alpha.
Uji coba instrumen penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas instrumen yang akan dijadikan alat pengumpul data untuk instrumen penelitian kecerdasan emosional 41 item pernyataan dinyatakan valid. Sedangkan uji reliabilitas instrumen menghasilkan angka reliabilitas sebesar 0,966. Ini berarti instrumen penelitian memiliki tingkat ketepatan yang tinggi.
Pengujian persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas dengan menggunakan rumus uji Kolmogorov-Smirnov. Untuk hasil perhitungan data variabel kecerdasan emosional diperoleh 0,200 > 0,05 dengan n = 32. Kesimpulannya adalah data kecerdasan emosional berditribusi normal. Sedangkan untuk hasil perhitungan variabel hasil belajar sejarah didapat 0,085 > 0,05. Kesimpulannya bahwa data variabel hasil belajar sejarah berdistribusi normal.
SS00020923 | SK 20923 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain