Text
Pemanfaatan sumber sejarah oleh guru dalam menunjang pembelajaran sejarah di SMA wilayah Jakarta Pusat
ABSTRAK
Ardian Rafi. Pemanfaatan Sumber Sejarah Oleh Guru Dalam Menunjang Pembelajaran Sejarah di SMA Wilayah Jakarta Pusat. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empris mengenai pemanfaatan sumber sejarah oleh guru dalam menunjang pembelajaran sejarah di SMA Wilayah Jakarta Pusat.
Penelitian ini menggunakan metode deksriptif dengan teknik survei melalui penyebaran angket. Jawaban dari responden dideskripsikan dalam bentuk tabulasi frekuensi atau persentase yang diperoleh dari penyebaran angket. Populasi penelitian adalah seluruh Sekolah Menengah Atas Negeri dan Swasta yang berjumlah 56 sekolah di Wilayah Jakarta Pusat. Dengan sampel 14 sekolah dan jumlah responden sebanyak 35 guru yang diperoleh dengan menggunakan teknik multi stage sampling.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber sejarah oleh guru dalam menunjang pembelajaran sejarah di SMA Wilayah Jakarta Pusat sudah baik. Hal ini didukung dengan data kunjungan sebesar 80% bahwa guru sejarah di wilayah Jakarta Pusat sudah melakukan kunjungan lapangan, dengan memanfaatkan sumber sejarah dalam menunjang pembelajaran sejarah ini membantu tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran sejarah yang sebesar 94,20 %. Selain itu, siswa juga memiliki ketertarikan dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sumber sejarah oleh guru dalam menunjang pembelajaran sejarah sangat membantu dalam proses pembelajaran sejarah
Kata Kunci : Sumber Sejarah, Pembelajaran Sejarah
SS00020929 | SK 20929 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain