Text
Pola pendidikan remaja : studi kasus di wilayah dampingan Yayasan Gugah Nurani Indonesia CDP Menteng Tenggulun, Jakarta Pusat
ABSTRAK
Diandra Sukma Zahara, Pola Pendidikan Remaja (Studi Kasus di Wilayah Dampingan Yayasan Gugah Nurani Indonesia CDP Menteng Tenggulun, Jakarta Pusat), Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pola pendidikan yang diberikan oleh Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) pada remaja dukungannya di wilayah Menteng Tenggulun, faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat Yayasan GNI, serta manfaat dari pola pendidikan yang telah diterapkan Yayasan GNI pada remaja dukungannya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan informan kunci dan informan inti serta hasil obervasi di lapangan.
Hasi penelitian menunjukkan bahwa pola pendidikan di Yayasan GNI meliputi cara, bentuk, dan model dalam program pendidikan yang berupa Youth Leadership, organisasi OTOV, dan kursus Bahasa Inggris. Penerapan nilai sosial, moral, dan sikap sosial dilakukan dengan memberikan peraturan-peraturan selama remaja berada di Yayasan GNI serta dengan memberikan contoh langsung melalui perbuatan dari staf Yayasan GNI. Masalah sosial di wilayah Menteng Tenggulun pun kompleks karena diawali dari pemukiman yang padat sehingga muncul berbagai macam masalah sosial. Yayasan GNI juga memiliki kendala dalam menjalankan program pendidikannya yang disebabkan oleh faktor keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sosial atau masyarakat.
Kata kunci: Pola pendidikan, pendidikan, remaja, pendampingan, program pendampingan.
SS00020934 | SK 20934 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain