Text
Pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 72 Jakarta
ABSTRAK
SORHEINA ANDJANI, Pembelajaran Sejarah Kelas X di Sekolah Menegah Atas Negeri 72 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 72 Jakarta pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan yaitu Januari-Mei di kelas X.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci yaitu Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum sedangkan informan inti adalah guru sejarah dan siswa kelas X. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa silabus, program tahunan, program semester dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran sudah cukup efektif sesuai kurikulum 2013. Dalam perencanaan pembelajaran guru sudah membuat program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Untuk pelaksanaannya guru menggunakan metode pembelajaran diskusi, ceramah dan tanya jawab sedangkan model pembelajaran yang digunakan adalah discovery learning. Evaluasi pembelajaran adalah guru memberikan tugas baik individu maupun kelompok, Ulangan Harian (UH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS).
Kata kunci : Pembelajaran, Sejarah, Pembelajaran Sejarah
SS00020974 | SK 20974 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain