Text
Jaringan sekolah Islam Terpadu : perkembangan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Jakarta tahun 1993-2003
ABSTRAK
DESI ARIYANI. Jaringan Sekolah Islam Terpadu : Perkembangan Sekolah
Dasar Islam Terpadu Tahun 1993-2003. Skripsi. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Skripsi yang berjudul “ Jaringan Sekolah Islam Terpadu : Perkembangan
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Jakarta Tahun 1993-2003” ini mengkaji
tentang Perkembangan SDIT Al- Hikmah dan SDIT Al- Khairaat di Jakarta pertama
kali bergabung dengan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Penelitian skripsi ini
bertujuan untuk menggali sejarah dari SDIT Al-Hikmah dan Al-Khairaat dapat
menjadi pilar dari sekolah SDIT yang pertama di Jakarta yang bergabung dengan
JSIT dapat dilihat dari konsep kurikulum Sekolah Islam Terpadu yang menekankan
pada nilai-nilai karakter atau akhlak Islam pada anak. Metode penelitian yang
digunakan dalam kajian ini adalah metode sejarah, yakni terdiri dari pengumpulan
sumber, verifikasi/kritik sejarah, interpretasi dan historiografi.
Dalam tahap pengumpulan sumber, peneliti mengumpulkan sumber
penulisan baik sumber primer seperti profil SDIT Al-Hikmah dan SDIT Al-
Khairaat, wawancara langsung dengan narasumber dan juga sumber sekunder
seperti buku. Data diverifikasi secara kritik intern dan ekstern. Setelahnya adalah
interpretasi fakta dalam rangka menafsirkan berbagai sumber yang telah diuji
keakuratannya. Hingga pada tahap akhir dilakukan penulisan dalam bentuk skripsi.
Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif naratif dengan menekankan pada
penggalian nilai-nilai akhlak Islam SDIT pada karakter anak dalam perkembangan
konsep kurikulum SDIT di Jakarta 1993-2003.
Kajian dalam skripsi ini membahas mengenai Perkembangan SDIT di
Jakarta tahun 1993-2003 yang bergabung dalam JSIT bidang pendidikan dan
keagamaan, serta analisis nilai-nilai akhlak Islam yang terkandung dalam kurikulum
SDIT di Jakarta.
Penelitian ini menjelaskan secara kronologis awal berdirinya SDIT Al-
Hikmah dan Al-Khairaat di Jakarta. Serta analisis-analisis nilai-nilai akhlak Islam
yang harus menekankan jiwa pendidikan karakter pada anak murid SDIT di Jakarta.
Walaupun terus mengalami pergeseran akhlak Islam yang tertanam dalam karakter
siswa SDIT mampu dijadikan acuan dalam menggali karakter dan mencerdaskan
kehidupan masa depan anak bangsa Indonesia.
Kata Kunci: SDIT, JSIT, Islamisasi, Sistem Pendidikan Nasional
SS00020951 | SK 20951 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain